Perbedaan dan persamaan setiap Agama, Mana yang benar?

Ada lima ( 5 ) agama yang diakui di Negara kita Indonesia ini, yaitu :Kristen Protestan, Kristen Katolik, Islam, Budha dan Hindu.

Setiap agama memiliki ajaran yang berbeda-beda, namun perbedaan tersebut tidak bisa kita pakai untuk saling membencii satu sama lain, karena sekalipun berbeda dalam pengajaranya namun semua agama tersebut pada umumnya adalah untuk mengajarkan kebaikan, tidak satu pun agama itu yang berencana untuk melakukan kejahatan. Persamaan tersebut harus bisa menjadi acuan bagi kita untuk bisa saling menghargai dengan agama yang berseberangan dengan kita.

Belum ada satu pun umat manusia yang sempurna di dunia ini, yang luput dari kesalahan dan kekurangan, sehingga kekurangan umat manusia tersebut tidak bisa kita pakai menjadi alasan untuk saling menyalahkan, memfonis bahwa ajaran agama yang berseberangan dengan kita itu menjadi semuanya salah. Iblis pasti akan selalu  hadir dengan memakai logika-logika duniawi kepada setiap pikiran manusia agar setiap umat itu menjadi ribut, saling merusak, dengan demikian kuasa iblis menjadi lebih luas.

Manakah yang lebih benar dari setiap agama yang ada itu?, pertanyaan ini selalu datang ke pikiran setiap manusia. Pikiran dan logika manusia tidak mampu menjangkau, bahwa ajaran agama yang jelas-jelas berbeda itu bisa memiliki tujuan yang sama, yaitu TUHAN yang sebenarnya, dengan demukian banyak manusia yang beranggaban bahwa agama yang benar menuju TUHAN yang sebenarnya hanya ada satu, yaitu agama yang sedang dianutnya sekarang, dan mereka menganggab bahwa setiap agama yang dianggab tidak benar itu harus dimusnahkan dari muka bumi ini.

Perlu kita ketahui, bahwa dengan memeluk sebuah agama yang kita anggab benar tidak menjadi jaminan bagi kita menjadi bisa dibenarkan di hadapan Tuhan. Agama tidak bisa membenarkan kita, tapi agama hanyalah sebuah alat yang kita pakai dalam mencari kebenaran dari Tuhan sehingga tujuan pencarian kita bisa menjadi lebih terarah.  Kembali saya tegaskan, bahwa tujuan dari hadirnya setiap agama adalah niat untuk sebuah kebaikan, maka itu saya beranggaban bahwa setiap agama itu benar, tidak perlu kita memiliki sifat yang saling bermusuhan dengan agama lain. Dari setiap yang kita anggab benar itu, dimana iman kita bisa lebih hidup berarti itulah agama yang cocok untuk kita anut.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s